ciri ciri darah tinggi

8 Ciri Ciri Darah Tinggi

Pembunuh diam-diam dalam tubuh manusia adalah penyakit darah tinggi. Ya, penyakit darah tinggi jika dibiarkan saja bisa meningkatkan risiko munculnya penyakit kronis lain seperti serangan jantung dan juga stroke. Selain itu, kemunculan dari penyakit darah tinggi ini juga sulit dideteksi. Bahkan pada beberapa kasus, ciri-ciri darah tinggi nyaris tidak ada.

 

Ciri-ciri darah tinggi

Seorang Kardiologis, Amber Khanna mengatakan jika penyakit darah tinggi lebih rentan menyerang wanita. Hal ini disebabkan wanita yang memiliki kecenderungan tekanan darah yang tinggi. Namun priapun tak menutup kemungkinan bisa terkena penyakit ini.

Karena itu, agar kita terhindar dari penyakit ini, maka sudah seharusnya harus mengetahui ciri-ciri darah tinggi. Mengetahuinya sedini mungkin tentu bisa mengurangi terjangkit penyakit berbahaya lainnya.

  1. Tekanan darah yang lebih dari 130/80
    Seorang dengan tekanan darah seperti diatas berarti memiliki kecenderungan darah yang tinggi. Jika Anda memiliki kecenderungan tensi lebih dari 130/80 dan juga dibarengi dengan gejala darah tinggi lainnya, maka Anda perlu waspada
  2. Memiliki orangtua dengan tekanan darah yang cenderung tinggi
    Ciri-ciri darah tinggi ini lebih disebabkan karena faktor genetika. Jika Anda memilikinya, maka tidak ada salahnya untuk segera menetapkan gaya hidup sehat.
  3. Sakit kepala dan tiadk focus
    Seorang yang tensinya cenderung tinggi biasanya akan mengalami sulit konsentrasi dan sakit kepala yang tidak kunjung berhenti. Jika sakit kepala ini dibarengi dengan mimisan, maka ini sudah masuk tahap bahaya atau “krisis hipertensi”. Jika sudah begini maka harus segera dilarikan ke UGD.
  4. Sulit kencing dan kembung
    Tekanan darah tinggi juga erat dengan penyakit ginjal dan diabetes. Efeknya, seorang yang terkena darah tinggi bisa saja menjadi kesulitan buang air kecil dan perutnya juga kembung.
  5. Penglihatan buram
    Syaraf mata juga akan terpengaruh jika seorang mengalami darah tinggi. Semakin lama maka mata dan area sekitarnya bisa bengkak, dan padnangan akan buram. Jika sudah begini segera bawa ke dokter.
  6. Pusing, mual dan muntah
    Banyak penyakit yang mungkin memiliki gejala yang sama dengan darah tinggi. Namun, Anda perlu waspada jika ciri-cirinya dibarengi dengan gejala yang lainnya. Selain itu gejala ini juga sama dengan gejala hipotensi. Karena itu ketika mengalami gejala darah tinggi ini, segeralah cek tekanan darah Anda.
  7. Mati rasa
    Kesemutan juga menjadi salah satu gejala darah tinggi. Kesemutan ini sendiri bisa dikatakan sebagai ciri atau gejala seorang menderita tekanan darah tinggi akut. Jika dibiarkan bisa jadi penyakit ini akan mengundang penyakit lainnya yakni penyakit stroke.
  8. Sesak nafas
    Ciri-ciri darah tinggi satu ini masuk kategori yang paling jarang terjadi. Namun bukan berarti tidak ada. Ciri ini biasanya baru akan muncul ketika seseorang sudah memasuki tahap hipertensi akut. Disinyalir ini dikarenakan kinerja jantung yang tidak optimal sehingg pembuluh arteri rusak dan mengakibatkan sesak nafas.

Selain beberapa ciri-ciri darah tinggi diatas, beberapa hal lain yang perlu diperhatikan yakni munculnya darah dalam urin, dada berdebar, nyeri dada, suka gelisah atau bingung, hingga kejang. Jika beberapa ciri-ciri diatas ditemukan, maka segeralah bawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Terakhir, lebih baik mencegah daripada mengobati, jadi pastikan untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat semisal menjaga pola makan dan olahraga rutin. Pola hidup sehat akan membuat tubuh juga menjadi sehat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *