darah tinggi

10 Gejala Darah Tinggi yang Sering Diabaikan

Posted on

Hipertensi alias tekanan darah tinggi menjadi salah satu jenis penyakit yang sering menyerang masyarakat Indonesia. Jika dibiarkan, penyakit ini akan memicu penyakit kronis lain yang berakibat fatal. Sayangnya, pada tahap awal, gejalanya jarang terdeteksi alias nyaris tanpa gejala. Bahkan beberapa gejalanyapun nampak samar sehingga penyakit ini jarang terdeteksi.

 

Gejala darah tinggi

Banyaknya penyakit kronis yang mungkin akan timbul jika tekanan hipertensi tidak terkontrol membuat kita harus waspada. Berikut ini beberapa gejala darah tinggi yang seringkali diabaikan, padahal justru ini perlu diperhatikan.

  1. Sakit kepala
    Ketika tekanan darah diatas normal, maka seseooarng bisa mengalami sakit kepala. Gejala hipertensi satu ini biasanya tak muncul jika kondisi tekanan darah masih ringan. Sakit kepala akan kian parah ketika tekanan darah kian naik.
  2. Mimisan
    Pada beberapa orang yang tekanan darahnya tinggi bisa mengalami mimisan. Jika Anda mengalami gejala mimisan yang sulit untuk dihentikan, cobalah konsultasi ke dokter untuk mengecek tekanan darah Anda.
  3. Mati rasa
    Kesemutan merupakan tanda awal penyakit stroke. Penyakit stroke sendiri adalah jenis penyakit yang dipicu dari tekanan darah yang tinggi.
  4. Tekanan darah diatas 140/90 mmHG
    Tekanan darah seseorang memang berbeda-beda. Seseorang yang cenderung tinggi atau cenderung rendah memiliki batas normalnya masing-masing. Namun biasanya seseorang dikatakan memiliki hipertensi jika tekanan darahnya diatas 140/90 mmHG. Ketika Anda pada kondisi ini, maka disarankan untuk segera mengubah gaya hidup untuk mencegah kenaikan lagi.
  5. Munculnya titik pada mata
    Titik darah yang muncul pada mata bisa jadi pembekuan darah yang diakibatkan oleh hipertensi. Ketika muncul gejala ini, segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.
  6. Vertigo
    Sakit kepala satu ini bisa jadi gejala darah tinggi juga. Vertigo sendiri tidak boleh diabaikan mengingat munculnya yang secara tiba-tiba dan bisa membuat kita pingsan, kesulitan berjalan atau bahkan jika tidak lekas ditangani akan merembet ke penyakit stroke.
  7. Mual dan muntah
    Dua gejala ini bisa dikatakan sebagai gejala umum. Namun ada yang membedakannya. Jika mual dan muntah ini disebabkan dari tekanan darah yang tinggi, maka biasanya akan disertai gejala lain seperti nafas yang pendek-pendek dan pandangan yang kabur.
  8. Kembung dan kesulitan buang air kecil
    Selain erat kaitannya dengan stroke, hipertensi juga erat kaitannya dengan penyakit ginjal dan diabetes. Ketika seseorang terserang hipertensi, maka bisa jadi pembuluh darah ginjalnya akan rusak sehingga bisa saja fungsinya sebagai penyaring racun akan terhenti. Hasilnya produksi urin akan menurun. Dan biasanya gejala darah tinggi ini juga akan dibarengi dengan rasa kembung.
  9. Pengliatan yang buram
    Gangguan penglihatan juga bisa menjadi salah satu gejala darah tinggi. Ya, tekanan darah yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan pembengkakakn pada pembuluh darah yang berada disekitar mata. Jadi perlu di waspadai jika tiba-tiba pandangan menjadi buram.
  10. Keseimbangan sulit terjaga
    Pusing yang berkepanjangan akan menyebabkan keseimbangan yang kian tidak terjaga. Namun tiadk perlu khawatir jika pusing atau keseimbangan yang terganggu itu akibat dari main komedi putar, berdiri terlalu cepat dari posisi duduk, atau setelah menonton film 3D. Jika diakibatkan karena beberapa hal diatas, maka rasa pusing ini tidak perlu dikhawatirkan.

Itulah 10 gejala darah tinggi yang seringkali diabaikan. Diawal memang kadangkala hipertensi ini tidak ada gejala yang berarti, namun jika 10 tanda diatas diabaikan saja, maka bisa memicu banyak penyakit berbahaya. Karenanya jika Anda merasakan beberapa gejala hipertensi diatas, segera ubah gaya hidup dan asupan makanan Anda. Jika diperlukan Anda bisa mencoba jam terapi laser untuk menangkal darah tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *