Waspada 7 Gejala Diabetes yang Sering Diabaikan oleh Kebanyakan Orang

Posted on

Kebanyakan dari rata-rata orang saat ini sering kali sebenarnya sudah terkena penyakit diabetes namun tidak sadar akan hal itu. Yang menjadi faktor utamanya ialah dengan tidak paham atau bahkan sama sekali tidak tahu gejala diabetes. Mungkin pada awalnya gejala penyakit diabetes begitu ringan sehingga diabaikan begitu saja.

Padahal jika kita sudah mengetahui gejala diabetes dan ditangani sejak dini maka akan lebih baik sehingga tidak terlanjur menjadi parah. Diabetes sendiri merupakan penyakit yang biasa dikenal dengan penyakit kencing manis.

 

Gejala Diabetes Melitus atau Kencing Manis

Diabetes melitus atau kencing manis adalah berupa penyakit metabolik, yaitu dimana seseorang terdeteksi mempunyai kadar gula darah diatas rata-rata atau hiperglikemia. Hal demikian terjadi akibat produksi dari insulin yang tidak normal dan juga bisa karena tubuh yang tidak mampu merespon insulin dengan baik.

Gejala diabetes secara umum yang sering dialami oleh penderita gula darah tinggi yaitu akan merasa sering kencing, sering lapar, sering haus dan masih ada beberapa gejala diabetes lainnya, yuk langsung saja simak pembahan lebih lanjutnya berikut ini.

  1. Sering kencing atau buang air kecil (Poliori)

Gejala diabetes utama dan paling umum dialami oleh penderita diabetes yaitu akan merasa sering buang air kecil. Secara medis kadar gula darah tinggi terjadi disebabkan karena insulin tidak dapat bekerja secara efektif atau bahkan tidak dapat bekerja sama sekali, dengan demikian membuat ginjalnya menjadi tidak dapat menyaring glukosa yang masuk kembali ke dalam darah. Dalam prosesnya ginjal akan mengambil air yang terdapat dalam darah guna mencairkan glukosa oleh karena itu kandung kemih menjadi cepat penuh, itulah kenapa pasien jadi lebih sering merasa ingin buang air kecil.

  1. Sering merasa lebih cepat lapar sehingga jadi banyak makan (Polifagi)

Pada saat insulin yang terdapat dalam darah tidak mampu bekerja dengan baik, maka akan membuat sel-sel dalam tubuh tidak bisa mendapatkan energi seperti yang seharusnya. Karena pada dasarnya insulin bekerja dalam memasukkan energi (glukosa) menuju sel. Dengan demikian tubuh secara otomatis akan bereaksi dengan mencoba menemukan energi lebih banyak, itulah kenapa penderita akan merasa sering lapar dan makan lebih banyak tetapi sayangnya tubuh tetap merasa lemas.

  1. Sering merasa lebih cepat haus sehingga jadi banyak minum (Polidipsi)

Akibat dari buang air menjadi lebih sering maka tubuh harus menyeimbangkannya dengan membuat si penderita jadi lebih cepat merasa haus dan harus banyak minum.

  1. Berat badan naik namun sementara

Akibat dari sering lapar dan menjadi lebih banyak makan maka biasanya pada awalnya tubuh akan mengalami penambahan berat badan namun hanya berlangsung sementara karena seringnya banyak yang juga mengalami penurunan berat badan tanpa disadari.

  1. Penglihatan kabur

Karena kurangnya suplai energi akibat dari gejala diabetes maka menimbulkan masalah pada otot-otot dan juga jaringan yang menarik lensa pada mata membuat penglihatan menjadi kurang optimal.

  1. Lebih rentan untuk terinfeksi

Jika lebih tinggi kadar gula darah dalam tubuh maka kemampuan tubuh untuk pulih akan menurun. Dengan demikian jika mengalami memar akan lebih lama untuk sembuh dari yang seharusnya.

  1. Sering mati rasa atau kesemutan

Kesemutan atau mati rasa yang dialami terjadi karena terlalu banyak gula yang terkandung dalam darah, sehingga menghambat pembuluh darah kecil.

Ketahui gejala diabetes lebih dini akan lebih baik untuk anda agar dapat mengatasi dan mencegahnya. Ubah pola hidup menjadi lebih sehat dan menjaga asupan kadar gula agar tetap normal. Dengan begitu anda akan terbiasa untuk hidup sehat dan tidak perlu merasa khawatir untuk terkena gejala diabetes.

One thought on “Waspada 7 Gejala Diabetes yang Sering Diabaikan oleh Kebanyakan Orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *