Jenis Penyakit Jantung

Mengenali Jenis Penyakit Jantung

Posted on

Penyakit jantung adalah bagian dari penyakit kardiovaskular. Jenis penyakit jantung ini mempunyai banyak macamnya. Banyak hal yang menjadi dasar penyakit ini. Bisa dari pola makan atau gaya hidup yang kurang sehat ataupun faktor lain.

Dimana jantung yang normal atau sehat mempunyai fungsi memompa darah yang kaya akan oksigen ke paru-paru dan mengalir ke atrium kiri menuju vertikal kiri lalu memompa darah keseluruh tubuh. Kemudian darah kembali menuju atrium kanan menuju vertikal kanan dan kembali ke paru-paru.

Jadi, kesehatan pada jantung sangat-sangatlah penting. Karena jika jantung sudah tidak berfungsi lagi, secara pasti nyawa Kita pun akan hilang. Berikut jenis penyakit jantung yang harus diwaspadai dan Kita kenali:

Jenis Penyakit Jantung

  1. Penyakit Jantung Koroner

Jenis penyakit jantung koroner atau yang sering dikenal dengan penyakit arteri koroner adalah penyakit jantung yang diakibatkan banyaknya lemak yang menumpuk diarteri jantung. Kita tidak akan mengetahui hal yang membahayakan ini, namun karena semakin menumpuk gumpalan itu akan mempersempit jalannya aliiran darah yang menuju ke jantung, sehingga jika Kita analogikan, ini seperti sebuah pipa air yang tersumbat kotoran, sehingga air tidak dapat mengalir dengan lancar.

  1. Penyakit Katup Jantung

Katup jantung seperti pintunya jantung, yang membuka tutup pada setiap detakan jantung. Ada beberapa masalah yang mempengaruhi katup jantung ini, diantaranya: arus balik (dimana darah mengalir mundur dan bukan maju), strenosis (flap menjadi tebal dan kaku atau bisa jadi flap menempel, sehingga darah sulit mengalir), atresia (darah tidak bisa mengalir karena tidak ada celah pada katup jantung.

  1. Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung bawaan adalah jenis penyakit jantung yang dialami ketika bayi masih dalam kandungan sudah mengalami gangguan pada organ jantungnya. Bisa jadi karena keturunan dari keluarga. Kelainan jantung dari faktor bawaan ini sebenarnya tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi darah tidak mampu mengalir secara teratur dan tidak mendapat kandungan oksigen yang cukup.

Hal ini akan menyebabkan perubahan pada warna kulit menjadi kebiru-biruan, sesak nafas , dan rasa lelah. Jadi, pada kondisi ini, jantung Anda akan bekerja lebih keras, dan ini adalah salah satu penyebab seseorang menderita gagal jantung.

  1. Penyakit Jantung Kardiomiopati

Penyakit jantung ini merupakan kelainan pada otot jantung yang menyebabkan ukuran dan bentuk otot jantung menjadi mengeras, menebal dan membesar. Jenis penyakit jantung ini dapat mengganggu kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika tidak segera ditangani, penderita bisa mengalami gagal jantung dan meninggal secara mendadak.

Penyakit jantung kardiomiopati ini terjadi karena tubuh terinfeksi virus yang menyerang pada otot jantung, radiasi, genetika, dll.

Pada umumnya, jenis penyakit jantung kardiomiopati ini memiliki ciri yang sama dengan gejala-gejala jantung lainnya. Seperti sesak nafas, kelelahan, pusing, nyeri di perut atau dada, dll.

  1. Penyakit Jantung Aritmia

Penyakit jantung dengan permasalahan ganguan pada detak jantung, detak jantung lebih lambat atau lebih cepat dari biasanya. Karena implus dari detak jantung ini tidak mampu bekerja dengan baik. Gangguan pada detak jantung ini bisa mengakibatkan struk dan gagal jantung.

Perlu diri Kita mengenali penyebab maupun gejala-gejala yang timbul dari penyakit jantung, agar Kita bisa segera berkonsultasi pada dokter. Dari berbagai jenis penyakit jantung yang sangat membahayakan keselamatan. Selanjutnya, simak, https://jamterapilaser.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *