makanan penurun darah tinggi

12 Makanan Penurun Darah Tinggi Yang Harus Ada Di Dapur

Posted on

Jika Anda memiliki tekanan darah yang cenderung tinggi alias hipertensi, maka biasanya dokter akan meresepkan obat-obatan antihipertensi guna mengontrol tekanan darah. Meski begitu Anda juga tidak bisa terus menerus tergantung pada obat-obatan, Anda juga harus mulai untuk menerapkan pola makan sehat. Dan salah satu caranya yakni dengan rutin mengonsumsi makanan penurun darah tinggi.

 

Makanan penurun darah tinggi untuk mengontrol tekanan darah

Asupan makanan sangat penting untuk mengontrol tekanan darah. Secara umum seorang penderita hipertensi akan disarankan untuk mengurangi asupan garam karena ini bisa memicu tingginya tekanan darah. Sebagai gantinya, Anda harus mengonsumsi beberapa makanan penurun darah tinggi yang kaya akan kandungan magnesium, kalsium dan juga kalium. Beberapa diantaranya antara lain:

  1. Buah berry
    Kandungan flavonoid yang tinggi dalam buah berry disebut mampu menurunkan darah tinggi. Selain itu kandungan mineral, vitamin dan antioksidannya juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nah, bagi penderita hipertensi, Anda bisa menikmati buah berry dengan yogurt.
  2. Pisang
    Pisang kaya akan kalium yang akan membantu tubuh menyeimbangkan jumlah garam. Jadi dengan ini tekanan darah bisa terkontrol denan baik. Anda bisa mengonsumsi pisang bisa dengan di jus, dipanggang, dicampur dalam sereal, atau bisa dikonsumsi langsung.
  3. Anggur
    Polifenol dalam anggur bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu polifenol juga mampu membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas. Anggur juga kaya akan serat dan rendah kalori sehingga jika dikonsumsi rutin bisa mencegah hipertensi.
  4. Semangka
    Kandungan vitamin C, A, magnesium dan kalium dalam semangka sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu semangka juga kaya akan L-citrulline yang mampu melebarkan pembuluuh darah.
  5. Delima
    Mengonsumsi jus buah delima satu cangkir sehari selama sebulan disebut mampu menurunkan tekanan darah sistolik.
  6. Kiwi
    Nutrisi dalam kiwi menjadikannya sebagai salah satu makanan penurun darah tinggi yang sangat baik. Kiwi kaya akan kalium, folat, vitamin C dan vitamin E. Saking hebatnya kiwi, dalam sebuah penelitian bahkan menyebutkan jika mengonsumsi 3 buah kiwi dalam sehari bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan cepat.
  7. Buah bit
    Makanan penurun darah tinggi selanjutnya yakni buah bit. Dalam sebuah penelitian menyebutkan jika 6 jam setelah mengonsumsi buah bit, diketahui jika tekanan darah sistolik turun.
  8. Sayuran hijau
    Selain buah, makanan penurun darah tinggi lainnya juga bisa didapat dari sayuran hijau. Ada beberapa jenis sayuran yang direkomendasikan yakni lobak hijau, sawi, kale, dan bayam. Hal ini karena jenis sayuran tersebut mengandung kalium yang tinggi.
  9. Yogurt
    Kandungan kalsium yang tinggi dalam yogurt bisa mengontrol tekanan darah. Selain itu, kandungan natrium yang dimiliki oleh yogurt juga cukup rendah sehingga aman untuk dikonsumsi penderita hipertensi.
  10. Kentang
    Magnesium dan kalium kentang yang tinggi disebut mampu menurunkan tekanan darah. Nah, makanan penurun darah tinggi ini bisa ditemukan dengan mudah dan cara pengonsumsiannyapun mudah bisa direbus dan langsung dimakan.
  11. Ikan
    Untuk ikan, pililah ikan yang kaya vitamin D seperti ikan trout. Selain itu, ikan salmon juga bisa menurunkan tekanan darah karena kandungan omega 3 dan asam lemaknya. Meski begitu perhatikan cara pengolahannya karena keliru dalam pengolahan bisa membuatnya alih fungsi. Alih-aih menurunkan tekanan darah, namun karena dimasak dengan banyak garam, justru menaikkan tekanan darah.
  12. Coklat
    Siapa sangka coklat mampu menurunkan kadar tekanan darah. Namun tidak semua jenis coklat memiliki manfaat ini. Hanya dark chocolate yang disarankan karena flavonoidnya yang tinggi mampu melebarkan pembuluh darah.

Itulah 12 makanan penurun darah tinggi yang lezat dan nikmat. Seringkali penderita hipertensi selalu dikaitkan dengan konsumsi makanan yang tidak lezat, namun dari ulasan diatas bisa dilihat bahwa ada banyak makanan penurun hipertensi yang selain cepat namun juga lezat dan nikmat untuk dikonsumsi. Jika Perlu bisa Anda coba jam terapi laser agar hidup lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *