penurun darah tinggi

Beragam Makanan Penurun Darah Tinggi Yang Cepat Dan Nikmat

Solusi terbaik untuk penyakit darah tinggi yakni dengan menurunkan kadar tekanan darah atau menormalkannya. Nah, salah satu cara yang paling mudah dan solutif yakni dengan mengatur pola makan. Beberapa makanan penurun darah tinggi pun jadi solusi ketika gejala darah tinggi mulai muncul.

Cukup banyak makanan penurun darah tinggi. Namun banyak orang beranggapan jika makanan untuk menurunkan tekanan darah ini cenderung memiliki rasa yang tidak lezat. Sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena banyak juga makanan dan minuman penurun darah tinggi yang memiliki rasa enak serta mampu menormalkan tekanan darah dengan cepat.

 

13 Makanan penurun darah tinggi

Beragam makanan penurun darah tinggi dibawah ini bisa dengan mudah ditemukan di swalayan atau di pasar tradisional. Dan berikut beberapa diantaranya:

  1. Bawang putih
    Zat antibiotik yang tinggi dalam bawang putih menjadikannya bumbu dapur yang paling cepat untuk menormalkan tekanan darah dan membantu melebarkan serta melemaskan pembuluh darah yang menjadi penyebab tekanan darah meningkat.
  2. Tempe
    Makanan lokal ini juga menjadi salah satu alternative penurun darah tinggi. Berasal dari fermentasi kedelai menjadikannya kaya akan probiotik yang tak hanya bermanfaat untuk pencernaan namun juga untuk menurunkan tekanan darah.
  3. Kacang pistachio
    Camilan satu ini bisa dikatakan sebagai camilan yang lezat. Meski harganya mahal, namun manfaatnya cukup bagus yakni mampu mengurangi ketegangan pembuluh darah, melambatkan detak jantung, melebarkan pembuluh darah dan juga menurunkan tekanan darah.
  4. Yogurt
    Kandungan kalsium dalam yogurt sangat baik untuk menurunkan tekanan darah. Untuk hasil maksimal, konsumsi yogurt tanpa pemanis atau jika suka bisa tambahkan kacang-kacangan atau buah.
  5. Kayu manis
    Fungsi terpenting dari kayu manis yakni sebagai penguat aroma dan juga penambah cita rasa. Selain itu ternyata kayu manis memiliki manfaat dalam hal mengatur tekanan darah.
  6. Minyak zaitun
    Kandungan polifenol dalam minyak zaitun disebut mampu menurunkan tekanan darah tinggi.
  7. Semangka
    Siapa sangka jika semangka memiliki kandungan asam amino citrulline yang mirip dengan bawang putih. Zat ini mampu meningkatkan produksi oksida nitrat sehingga mampu membuat pembuluh darah kian lebar.
  8. Sayuran hijau
    Sayuran hijau kaya akan nitrat yang mampu mengeluarkan sodium dalam darah. Beberapa jenis sayuran yang bisa dikonsums antara lain selada, bayam, kubis dan lain sebagainya.
  9. Ikan
    Ikan salmon dan makarel kaya akan omega 3 yang mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu ikan juga memiliki zat untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah peradangan. Vitamin D dalam ikan juga turut menurunkan darah tinggi.
  10. Buah delima
    Buah satu ini memang sangat enak baik dikonsumsi langsung ataupun dijadikan jus. Dengan rutin mengonsumsi buah delima selama empat minggu sehari satu kali disebut akan segera menormalkan tekanan darah.
  11. Cokelat hitam
    Dark chocolate merupakan makanan penurun darah tinggi yang lezat. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau bisa juga mencampurkannya dalam makanan.
  12. Pisang
    Kandungan potassium dalam pisang sangat tinggi bermanfaat untuk mengeluarkan sodium dalam darah. Inipun bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi. Selain pisang beberapa jenis makanan lain yang juga memiliki fungsi yang sama adalah jamur, alpukat, tuna, tomat, ubi dan lain sebagainya.
  13. Sayur bit
    Kandungan oksida yang tinggi dalam sayur bit disebut mampu menurunkan tekanan darah. Untuk mengonsumsinya bisa langsung bisa juga dimasak atau dibuat jus.

Itulah 13 makanan untuk penurun darah tinggi. Anda bisa mencobanya, dan rutinkan. Selain itu kombinasikan dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti olahraga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *