Penyebab Darah Kental

Darah Kental, Kenali Penyebab dan Cara Mencegahnya

Hiperkoagulabilitas atau darah kental tentu ada penyebabnya. Penyebab darah kental bisa disebabkan dari berbagai faktor. Maka, mempelajari tentang darah menjadi hal penting. Supaya bisa mendekteksi penyakit dalam tubuh selain itu supaya dapat mencegah supaya tidak terserang penyakit tersebut.

Darah kental apabila tidak segera ditangani akan menghambat aliran darah kemudian akan menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Darah kental sebenarnya hal yang umum terjadi pada saat tubuh mengalami luka. Darah tersebut akan mengumpal dan setelah luka sudah sembuh gumpalan darah tersebut akan menghilang.

Penyebab darah kental antara lain:

  1. Faktor keturunan
  2. Obat-obatan jenis tertentu
  3. Gumpalan kolesterol di pembuluh darah
  4. Memiliki jenis penyakit tertentu, contohnya sirosis, diabetes, radang pembuluh darah atau vaskulitis, kanker, penyakit jantung, sepsis dan kelainan autoimun.
  5. Obesitas
  6. Kebiasaan hidup kurang sehat, seperti jarang berolahraga dan merokok
  7. Mengalami cedera seperti patah tulang
  8. Berbaring lama setelah operasi
  9. Usia yang sudah tua
  10. Kehamilan

Sepuluh penyebab darah kental tersebut masih bisa diantisipasi. Cara mencegah terjadinya antara lain:

  1. Menghindari duduk yang terlalu lama. Hal tersebut bisa disiasati dengan membuat peregangan tubuh agar titik-titik yang biasa mengalami penggumpalan darah bisa lancar. Titik-titik yang biasanya mengalami adalah area tungkai, leher dan pergelangan tangan.
  2. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih. Kebutuhan air putih dalam tubuh setara dengan 2 liter atau 8 gelas. Kekurangan air putih atau biasa disebut dengan dehidrasi bisa menjadi penyebab darah kental. Maka, memenuhi kebutuhan tubuh dengan cairan mejadi salah satu solusi agar tubuh tetap sehat. Karena kesehatan itu perlu diupayakan dan dijaga.
  3. Membiasakan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat bukanlah sebuah mimpi. Gaya hidup sehat bisa di mulai dengan membiasakan mengkonsumsi makanan yang sehat, bukan makanan junk food, menghindari alkohol, melakukan olahraga yang teratur dan mengatur pola makan. Ketika merasa sudah kenyang namun mulut masih ingin terus makan, bukan untuk dilanjutkan, karena bisa menyebabkan perut menjadi buncit dan obesitas.
    Hidup sehat bukan berarti hidup yang ala kadarnya. Namun, tetap harus memenuhi standar gizi.Selain itu menghindari rokok dan asap rokok, memeriksakan kesehatan pribadi ke dokter, dengan hal itu bisa mengurangi penyebab darah kental.
  4. Mengonsumsi obat dari resep dokter. Dokter akan mendeteksi penyebab darah kental dan akan menyarankan obat yang tepat untuk dikonsumsi. Maka, rutin check up menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan.
  5. Gunakan stocking Alat tersebut digunakan pada tungkai untuk memperlancar aliran darah. Alat tersebut biasa digunakan pada orang yang hamil, kondisi bepergian dengan pesawat terbang dan orang yang terbaring sakit terlalu lama. Adapula bagi penderita diabetes, deep vein thrombosis, dan varisesdisarankan untuk memakai stocking kompresi, gunanya untuk melancarkan darah kental.
    Maka, melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin menjadi solusi untuk mengontrol kondisi tubuh. Diharapkan dengan check up rutin bisa mendapat penanganan dari penyebab darah kental yang berada di dalam tubuh.
  6. Bila memang terbukti mengalami darah kental bisa konsultasi ke https://jamterapilaser.com untuk bisa melakukan pengobatan melalui teknologi laser. Teknologi tersebut sudah mendapatkan sertifikasi dari beberapa negara dan sudah banyak peneliti yang meneliti kebermanfaatan alat ini.
    Alat ini bermanfaat untuk menstimulasi tubuh agar bekerja lebih optimal. Penyebab darah kental bisa diterapi dengan teknologi laser tersebut. Terapi ini adalah salah satu upaya untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi obat. Karena mengkonsumsi obat dalam jangka panjang juga menimbulkan efek yang kurang bagus.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *