Penyebab Penyakit Jantung

Penyebab Penyakit Jantung

Posted on

Banyak penyebab yang harus diwaspadai untuk dapat menghindari penyakit jantung. Namun terkadang Kita tidak menyadari bahwa Kita melakukan kesalahan sehingga menimbulkan penyakit yang merugikan diri Kita sendiri. Salah satu penyebab penyakit jantung adalah gaya hidup yang kurang sehat.

Penyebab penyakit jantung pada umumnya akibat tingkah laku Kita sendiri yang tidak bisa meletakkan segala sesuatu pada tempatnya. Tetapi ada juga penyakit jantung yang penyebabnya bawaan dari lahir atau keturunan. Berikut beberapa penyebab penyakit jantung yang harus diwaspadai dan dihindari:

 Penyebab Penyakit Jantung

  1. Bergadang atau Kurang Tidur

Saat Kita dalam kondisi istirahat, disinilah terjadi proses tubuh memperbaiki DNA, menambah vitamin untuk menghasilkan antioksidan. Tidur dengan aturan jam yang sesuai sekitar 7-8 jam setiap hari. Tidur dalam ruangan yang sejuk, nyaman, bersih, dan gelap. Ini sangat baik bagi kesehatan jantung Kita.

Tidur tanpa adanya gangguan merupakan hal yang sangat penting. Kondisi tidur dalam keadaan mendengkur juga dapat mengganggu kesehatan yang serius pada jantung bahkan bisa berakibat sruk.

  1. Terlalu banyak mengkonsumsi obat

Hindari kecanduan terhadap obat dalam keseharian Kita. Mungkin Kita terlalu sering mengalami pusing, deman, migrain yang menjadikan diri berusaha meredakannya dengan meminum obat. Apalagi dalam kondisi kehamilan, jangan mengkonsumsi obat tanpa ada anjuran dari dokter.

  1. Stress diusia Muda

Mungkin banyak penyebab ketika seseorang mengalami stress. Bisa dari faktor keluarga, faktor pekerjaan yang terlalu membuatnya tertekan atau bahkan tugas sekolah atau tugas kuliah yang membuatnya berfikir lebih. Dari stress ini dapat memperburuk peradangan pada pembuluh darah, sehingga berakibat pembuluh darah akan tersumbat.

Ketika Kita merasa tertekan ini akan meningkatkan tekanan darah. Ini juga bisa menyebabkan seseorang untuk bertindak sesuka hatinya seperti meminum obat-obatan terlarang atau alkohol.

  1. Berat Badan lebih

Kelebihan berat badan dapat menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. Batasi asupan lemak jenuh yang menyebabkan lemak menggumpal pada tubuh, sehingga tidak terjadi penyumbatan pada pembuluh darah, gantilah dengan lemak yang lebih baik seperti makanan sayuran atau buah-buahan.

  1. Menjaga kebersihan mulut

Bersihkan mulut secara rutin agar bakteri yang berada didalam mulut tidak berkembangbiak dan menyebabkan bakteri-bakteri masuk kedalam organ tubuh Anda, sehingga bakteri-bakteri tersebut dapat mengganggu kesehatan jantung Anda.

Penyumbatan pembuluh darah ini akan menghambat lancarnya peredaran darah menuju jantung dan bisa mengakibatkan penyumbatan total sehingga jantung tidak berfungsi lagi.

  1. Bawaan dari lahir

Penyebab penyakit jantung bisa karena faktor bawaan dari lahir. Dimana ada kelainan yang terletak di pembuluh darah, katup jantung maupun pada dinding jantung. Contoh penyakit jantung bawaan dari lahir adalah VSD, Patent ductus arterious dan tetralogy of fallot.

Penyakit ini terjadi karena pada saat bayi masih berada dalam kandungan, terjadi gangguan pada proses perkembangan jantung dan juga dugaan lain seperti: adanya infeksi virus, kecanduan obat-obatan, kecanduan alkohol, atau memang dari keluarganya sendiri mempunyai riwayat penyakit jantung ini.

  1. Kardiomiopati

Penyakit jantung ini bisa disebabkan oleh kardiomiopati, dimana kondisi  otot pada jantung tidak kuat untuk memompa darah keseluruh tubuh. Kondisi ini sangat berbahaya, karena bisa berakibat gagal jantung dan detak jantung berhenti secara mendadak. Bisa karena tekanan darah tinggi, gangguan pada sistem metabolik, seperti penyakit tiroid dan diabet, ataupun komplikasi kehamilan.

Banyak faktor penyebab seseorang mengalami penyakit jantung. Bisa dari kebiasaan Kita, atau faktor dari luar. Untuk itu, ubahlah gaya hidup menjadi sehat dan terarah tanpa adannya hambatan. Cara menanganinya, simak: https://jamterapilaser.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *