Bagaimana Cara Menurunkan Gula Darah?

Posted on

Gula darah merupakan bahan bakar tubuh yang diperlukan sebagai sumber energi. Gula darah yang telah dimetabolisme tubuh akan didistribusikan untuk energi sistem saraf, kinerja otak, serta lainnya. Gula darah yang masuk dalam tubuh diperoleh dari berbagai sumber seperti makanan, minuman, serta masih banyak lagi. Namun jangan mengkonsumsi makanan yang menyebabkan gula darah tinggi, jika terlalu banyak maka ketahui cara menurunkan gula darah.

Kenapa gula darah harus diturunkan? Bukannya gula darah sangat diperlukan oleh tubuh? Memang gula darah diperlukan tetapi tidak boleh terlalu tinggi. Apabila gula darah dalam tubuh tinggi bisa menyebabkan penyakit diabetes melitus atau sering disebut kencing manis. Lebih baik kadar gula darah seimbang supaya tidak mengakibatkan gangguan diabetes. Jika terlanjur tinggi, Anda dapat mencari cara menurunkan gula darah.

 

Cara Menurunkan Gula Darah Paling Ampuh

Seseorang yang memiliki gula darah tinggi cenderung mengalami beberapa gejala seperti sering buang air kecil, kesemutan pada kaki, kesemutan pada tangan, nafsu makan naik, sakit perut, penglihatannya kabur, sering merasa haus dan cepat merasa lelah. Selain gejala, Anda juga harus waspada karena gula darah tinggi bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya seperti stroke, kebutaan, serangan jantung dan gagal ginjal.

Sebelum terserang gangguan gula darah tinggi, alangkah baiknya Anda menurunkan tekanan gula darah. Berikut merupakan cara menurunkan gula darah yang dapat dilakukan.

  1. Mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan gula darah
    Cara menurunkan gula darah yang pertama yaitu memakan makanan sehat. Anda harus mengetahui bahwa ada makanan yang mengandung gula tinggi namun, ada juga makanan yang kadar gulanya rendah. Nah sebagai pemilik kadar gula tinggi, sebaiknya mengkonsum makanan yang bisa menurunkan kadar gula darah. Paling tidak dengan memakan makanan tersebut dapat menstabilkan gula darah.
    Beberapa macam makanan yang bisa dikonsumsi yaitu buah alpukat, ikan yang kaya akan kandungan omega 3, bawang putih, kakao, telur, dan sayurat berserat tinggi.
  2. Menurunkan berat badan
    Untuk menurunkan gula darah berikutnya yaitu mengecilkan berat badan. Seseorang yang memiliki berat badan berlebihan cenderung terkena diabetes, sehingga gula darahnya tinggi. Oleh sebab itu, mereka harus menurunkan berat badannya. Meskipun berat badan hanya turun 6% dari berat aslinya, tetap saja sudah dapat mengurangi terjadinya penyakit diabetes.
  3. Olahraga teratur
    Olahraga dapat membantu menurunkan gula darah. Gerakan olahraga bisa memicu produksi insulin, sehingga sel-sel tubuh mampu melakukan metabolisme gula darah dengan baik supaya menjadi energi. Anda harus olahraga secara teratur, biasakan olahraga setiap hari. Jangan melakukan olahraga yang berat, cukup olahraga ringan selama 30 menit hingga 60 menit. Aneka macam olahraga yang dapat dilakukan yaitu berenang, mendaki, menari, bersepeda, jalan cepat, angkat beban, dan bersepeda.
  4. Hindari stres
    Cara menurunkan gula darah berikutnya yaitu hindari pikiran stress. Dalam keadaan stress, tubuh lebih banyak mengeluarkan hormon kortisol dan glukogon. Kedua hormon bisa memicu kenaikan gula darah secara drastis.
  5. Minum air putih yang banyak
    Penderita diabetes sangat disarankan mengkonsumsi air putih yang cukup. Tujuannya untuk membantu ginjal mengeluarkan kelebihan gula darah serta meminimalisir terjadinya dehidrasi.

Demikian beberapa cara menurunkan gula darah yang bisa Anda lakukan di rumah. Jika gula darah Anda tinggi dan terkena diabetes, sebaiknya menerapkan cara menurunkan gula darah di atas. Bisa juga melakukan terapi alami, info selengkapnya mengenai terapi bisa dilihat pada https://jamterapilaser.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *