gejala penyakit jantung

Waspada Gejala Penyakit Jantung

Gejala Penyakit jantung – Jantung adalah organ dalam yang berada diantara paru-paru ditengah-tengah dada di sebelah kiri dibelakang tulang dada, yang bertugas menerima dan memompa darah ke seluruh tubuh. Organ ini kecil sekitar 200-425 gram dan lebih besar dari kepalan tangan manusia.  Begitu pentingnya peran jantung pada tubuh Kita, sehingga ketika jantung sudah tidak berfungsi lagi, secara otomatis jiwa raga Kita juga akan berhenti berfungsi juga.

Untuk itu Anda harus mewaspadai gejala dari penyakit jantung, karena sebagian Kita tidak menyadari dan menganggap remeh gejala-gejala yang timbul dari penyakit jantung. Banyak jenis atau macam-macam penyakit jantung dan dari setiap jenis penyakit jantung ada sebagian gejalanya yang berbeda dan Anda perlu mengenali dan mewaspadai gejala-gejala yang timbul. Berikut gejala dari penyakit jantung diantaranya:

 

Gejala Penyakit Jantung

  1. Nafas Pendek

Nafas pendek adalah salah satu ciri gejala dari penyakit jantung yang harus diwaspadai, jika diri Kita merasa megap-megap secara tiba-tiba, maka bisa menjadi ciri penyakit jantung atau mungkin setelah bangun tidut Anda merasa sesak nafas atau susah nafas bisa jadi ini juga ada yang perlu diwaspadai. Karena jantung mengalirkan Oksigen keseluruh tubuh dan mengeluarkan karbondioksida dari jaringan. Jadi ketika aliran darah terhambat, ini akan berpengaruh pada saat proses pernafasan Kita.

  1. Nyeri dada atau Sendawa

Jika Anda merasakan nyeri dada yang terjadi diluar kebiasaan seperti habis makan berat, atau sambal pedas dll bisa jadi Anda mengalami gangguan pada organ jantung Anda. Jika dirasa sangat mengganggu segera pergilah ke dokter. Gejala ini timbul akibat otot-otot jantung tidak memeperoleh darah yang cukup dan kekurangan oksigen.

  1. Keringat Berlebihan

Berkeringat memang salah satu tanda  orang yang sehat. Tapi jika Anda mengalami berkeringat berlebihan baik siang ataupun malam hari, ini harus diwaspadai sebagai gejala penyakit jatung atau kondisi tubuh yang kurang sehat. Apalagi jika Anda tidak melakukan aktivitas berat dan keringat Anda bercucuran. Ciri ini biasanya terjadi pada penderita sakit jantung pada wanita. Untuk itu segera konsultasikan dengan dokter demi mengetahui apa penyebab dan gejala apa yang terjadi pada tubuh Anda.

  1. Detak Jantung yang Tidak Beraturan

Detak jantung atau yang biasa Kita kenal palpitasi yang tidak teratur adalah salah satu gejalanya yang umum. Biasanya Mereka merasakan bahwa detak jantung Mereka berhenti sebentar dan kemudian kembali berdetak dengan irama yang lebih kencang berbeda dengan detak jantung yang normal. Jika memang ini salah satu ciri penyakit jantung, mungkin akan disertai gejala lain yang akan timbul seperti tubuh terasa sangat kelelahan, nyeri dada, pusing, sesek nafas dll.

  1. Kehilangan Kesadaran Tiba-Tiba atau Pingsan

Hilang sadar atau pingsan ini bisa menunjukkan kesehatan badan yang kurang fit. Oleh karena itu, perlu segera penanganan medis untuk mengatasi permasalahan ini.

  1. Nyeri Perut, Mual dan Mulas

Perut juga bisa menunjukkan ciri penyakit jantung, bahkan ada yang mual-mual ataupun sampai muntah-muntah dan mulas. Hal ini biasanya terjadi pada wanita

 

Jika Anda merasakan beberapa gejala dari penyakit jantung diatas, segeralah berkonsultasi dengan dokter, agar Anda segera mendapat penanganan sebaik-baiknya sebelum Anda divonis  dengan penyakit komplikasi. Untuk mendapatkan penanganan yang mujarab, Anda bisa menelusuri https://jamterapileser.com. Waspadalah dan segera bertindaklah jika diri Anda merasakan sesuatu yang muncul karena bukan dari kebiasaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *